Abstract:
20175520017 - Pemanfaatan teknologi informasi berkembang sangat pesat beberapa tahun belakangan. Teknologi seperti Augmented Reality dan Virtual Reality semakin marak diperbincangkan apalagi ditambah munculnya ‘Metaverse’ yang dikembangkan Facebook. Hal ini dikarenakan teknologi ini dapat memberikan pengalaman baru yang lebih real/nyata kepada penggunanya. Teknologi ini dapat diimplementasikan pada beberapa bidang, salah satunya bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan AR kerap digunakan sebagai media edukasi untuk memperkenalkan berbagai macam objek atau benda yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini ialah menghasilkan aplikasi media edukasi yang dapat membantu proses pembelajaran pada SMKN 7 Kabupaten Tangerang. Dikarenakan teknologi ini terus berkembang, maka peneliti merancang sistem yang dapat menerapkan pembaruan/update tanpa pengguna harus melakukan instalasi tambahan, sehingga peneliti membangun aplikasi ini untuk diimplementasikan pada platform web. Dalam penelitian ini beberapa teknologi yang digunakan untuk membangun aplikasi ARSparepart, diantaranya HTML & CSS, PHP, Laravel, AR.js, a-Frame, MYSQL. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem prototyping, dimana alur dari penelitian ini akan mengikuti setiap fase pada metode prototyping. Pada metode prototyping peneliti melakukan analisa kebutuhan dari klien, kemudian membuat rancangan awal alur sistem, lalu peneliti membangun prototype/rancangan aplikasi, apabila rancangan alur sistem dan prototype ini disetujui oleh klien maka peneliti akan mulai melakukan coding, setelah aplikasi selesai dibuat maka dilakukan uji coba sistem oleh klien, apabila klien merasa aplikasi yang dibuat sudah memenuhi kriteria maka aplikasi tersebut akan diimplementasikan kepada pengguna dan pihak yang berkaitan. Adanya aplikasi ini dapat membantu proses pembelajaran terkait pengenalan sparepart kendaraan.